Penyebab Dan Gejala Penyakit Malaria Yang Seringkali Terjadi

Adakalanya tubuh kita akan sangat rentan terhadap penyakit. Ketika sistem imun sedang turun tubuh akan sangat mudah terserang penyakit. Ini dikarenakan banyaknya sumber penyakit yang terdapat di sekitar, seperti lingkungan sekitar, dan juga makanan. Banyaknya benda asing di sekitar lingkungan akan sangat beresiko menyerang tubuh. Hewan-hewan di sekitar juga dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit. Salah satu hewan yang bisa menjadi sumber penyakit adalah nyamuk. Penyakit yang diakibatkan karena gigitan nyamuk ada dua, yakni demam berdarah (DBD) dan malaria. Banyak orang yang tidak dapat membedakan gejala penyakit demam berdarah (DBD) dan gejala penyakit malaria. Ini dikarenakan kedua gejala penyakit tersebut hampir memiliki kesamaan. Oleh karena itu anda harus dapat membedakannya, agar penanganannya juga sesuai dengan penyakit yang diderita, begitu juga dengan obatnya tidak akan salah obat.

gejala penyakit malaria

Penyebab dan Gejala Malaria

1. Demam tinggi

Gejala penyakit malaria yang paling terlihat atau mudah diamati adalah demam tinggi. Penderita demam berdarah (DBD) juga mempunyai gejala demam tinggi, bedanya penderita malaria akan mengalami demam dengan suhu sangat tinggi pada hari pertama, bahkan juga dapat membuat demam otak. Sedangkan penderita demam berdarah (DBD) akan mengalami demam yang naik turun ketika mencapai fase kritis. Biasanya penderita demam berdarah (DBD) akan mengalami demam dengan waktu yang lama. Setelah mengalami demam penderita malaria akan menunjukkan gejala tubuh yang menggigil.

2. Sakit kepala

Virus penyebab sakit malaria akan membuat penderitanya mengalami gejala yakni sakit kepala. Sakit kepala yang dirasakan penderita malaria terjadi karena virus penyebab malaria mulai menginfeksi otak penderita. Sakit kepala akan sangat sakit saat penyakit malaria kambuh (virus mulai menyerang otak kembali).

READ  Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Tekanan Darah Rendah Secara Alami

3. Muntah

Penderita malaria akan selalu memuntahkan kembali makanan yang ia konsumsi. Ini dikarenakan penderita malaria tidak dapat menelan makanan. Dan gejala penyakit malaria ini biasanya akan dialami oleh penderita malaria yang sudah masuk ke bagian parah.

4. Keringat dingin

Ketika penderita tidak mengalami demam, penderita akan mengalami keringat dingin yang disertai dengan menggigil, ini merupakan salah satu gejala penyakit malaria juga.

5. Sering merasa lelah

Setelah mengalami demam pada awal menderita penyakit malaria, penderita akan menunjukkan gejala sering merasa kelelahan. Kelelahan ini terjadi selama berminggu-minggu, tepatnya setelah penderita mengalami demam awal sakit malaria. Ini terjadi karena virus penyebab malaria membuat ketahanan tubuh sang penderita terkuras. Sehingga penderita akan mengalami tubuh yang sangat lelah.

6. Nyeri otot

Penderita malaria juga akan mengalami nyeri pada bagian otot, ini dikarenakan virus penyebab malaria mulai merampas cairan yang berada di tubuh sang penderita malaria. Virus malaria akan merampas cairan tubuh yang menyebabkan otot nyeri.

7. Batuk kering

Dengan terkurasnya cairan di dalam tubuh, maka akan membuat penderita malaria mengalami batuk kering.

Itulah beberapa gejala penyakit malaria yang sering terjadi. Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *