Penyebab Dan Gejala Diabetes Pada Wanita

Tubuh sangat rentan terhadap penyakit, apalagi jika sistem kekebalan tubuh sedang turun. Penyakit dapat menyerang tubuh melalui banyak faktor. Antara lain faktor keturunan, faktor makanan serta faktor lingkungan. Faktor yang memiliki andil besar seseorang terkena penyakit adalah makanan. Apalagi jika makanan yang dimakan adalah makanan instan atau makanan cepat saji. Ini dikarenakan di dalam makanan tersebut banyak sekali bahan kimia.

Semua orang menyukai makanan yang manis, namun apakah anda tahu makanan yang terlalu manis dapat menimbulkan masalah?. Satu jenis penyakit yang tidak mengenal gender untuk diserang adalah diabetes. Baik wanita maupun pria memiliki kesempatan sama besar terserang penyakit diabetes ini. Penyakit diabetes ini sangat bahaya, oleh karena itu sebaiknya anda mengetahui gejalanya, terutama pada wanita. Berikut beberapa gejala diabetes pada wanita :

penyebab dan gejala diabetes

Penyebab dan Gejala Diabetes

  1. Berat badan naik atau turun secara ekstrim

Kebanyakan wanita terserang penyakit diabetes saat masa kehamilan. Gejala diabetes pada wanita yang pertama adalah berat badan yang naik atau turun secara ekstrim. Ketika berat badan anda terus secara tiba-tiba namun anda tidak sedang melakukan diet, anda perlu berhati-hati. Hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa anda terkena diabetes. Gejala awal diabetes pada perempuan ini di bedakan menjadi dua, ada sebagian orang yang mengalami berat badan turun karena nafsu makan yang berkurang, namun sebagian orang lagi mengalami kenaikan berat badan karena nafsu makan mereka meningkat (amat sangat terasa lapar).

  1. Sering merasakan haus yang luar biasa

Ketika anda merasakan rasa haus yang amat sangat luar biasa, padahal anda tidak melakukan aktivitas atau pekerjaan yang berat, ini dapat menjadi gejala diabetes pada wanita. Kadar gula di dalam tubuh yang tidak terkontrol akan membuat tubuh anda berusaha mengeluarkan kelebihan gula, dengan meminum air putih dengan amat banyak. Jika anda dalam sehari minum lebih dari 3 liter namun anda masih terasa haus, anda perlu berhati hati. Karena dapat menjadi tanda adanya penyakit diabetes di dalam tubuh anda. Selain rasa haus, para wanita juga akan merasakan kelelahan dan disertai badan yang rasa lemas.

  1. Sering buang air kecil
READ  Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bawang Putih dan Kapur Sirih

Banyaknya kadar gula di dalam tubuh akan membuat tubuh berusaha untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuh. Dan tubuh akan mencoba membuangnya melewati air kencing. Oleh karena itu penderita diabetes akan mengalami gejala sering buang air kecil.

  1. Lamanya proses penyembuhan luka

Selain gejala diabetes pada wanita di atas, terdapat gejala khusus dari penyakit ini dan merupakan tanda kalau penyakit ini sudah parah, yakni lamanya proses penyembuhan luka. Seorang penderita diabetes akan mengalami kesulitan untuk mengobati luka di tubuhnya. Karena luka yang terdapat pada penderita diabetes akan selalu basah atau tidak mudah kering, sehingga proses penyembuhannya lama. Hal ini terjadi karena banyaknya kadar gula di dalam darah, jadi menyulitkan darah putih untuk menutup luka.

Semoga informasi gejala diabetes pada wanita bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita. Salam sehat selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *