Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan pada Ibu Hamil

Setiap perempuan sering mengalami gangguan yang namanya keputihan khususnya dalam artikel ini akan dibahas penyebab dan cara mengatasi keputihan pada ibu hamil. Keputihan atau yang didalam istilah medis disebut fluor albus atau leucorrhoea yang dimana vagina mengeluarkan cairan.  Secara garis besar, keputihan dibagi menjadi 2 yaitu normal dan abnormal. Keputihan normal diakibatkan karena hormon sedangkan abnormal diakibatkan karena masalah kewanitaan.

Keputihan memang bisa menyerang setiap wanita tanpa memandang umur. Oleh karena itu jangan anggap sepele gangguan kewanitaan ini. Untuk ibu hamil, untuk lebih berhati-hati karena dapat berpengaruh pada bayi. Nah, sekarang mari kita simak penjelasan tentang penyebab keputihan pada ibu hamil:

penyebab dan cara mengatasi keputihan

Penyebab Keputihan pada Ibu Hamil

1. Meningkatnya Jamur
Jamur pada organ intim bisa meningkat dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan. Terutama celana dalam yang basah karena keringat. Jadi selalu jaga kebersihan pakaian dalam kamu.

2. Meningkatnya Bakteri
Penyebab keputihan pada ibu hamil juga bisa karena bakteri. Ciri-cirinya yaitu muncul bau tidak enak dan cairan kental bahkan bisa menyebabkan gatal-gatal.

3. Protozoa
Nah, protozoa ini biasanya ditularkan pada saat berhubungan intim. Ciri-cirinya yaitu panas dan gatal pada organ intim. Terkadang juga terjadi pendarahan karena peradangan leher rahim.

Setelah mengetahui penyebab keputihan pada ibu hamil. Selanjutnya kita bahas cara mengatasi keputihan pada ibu hamil. Keputihan bisa terjadi pada saat awal kehamilan maupun saat tengah kehamilan. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi keputihan pada ibu hamil. Yuk, baca penjelasan singkat berikut ini:

Cara Mengatasi Keputihan pada Ibu Hamil

1. Jaga kebersihan
Kebersihan tentunya sangat penting, tak hanya mencegah keputihan. Menjaga kebersihan juga mencegah gangguan-gangguan maupun penyakit. Selalu bersihkan organ intim kamu setelah buang air kecil dengan cara yang benar dari depan kebelakang secara berulang. Bersihkan sisa airnya sampai kering.

READ  Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Cepat dan Permanen

2. Hindari berendam air hangat
Berendam dengan air hangat memang sangat nyaman dan nikmat. Tapi kamu perlu waspada, hal ini bisa menyebabkan timbulnya jamur penyebab keputihan.

3. Gunakan celana dalam yang tepat
Celana dalam juga bisa menimbulkan keputihan pada ibu hamil. Jadi, gunakan celana dalam yang tepat yaitu bisa menyerap keringat dan tidak terlalu ketat. Bila perlu gantilah setiap 12 jam.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi keputihan pada saat kehamilan. Jika tak kunjung sembuh dan ada perubahan segera konsultasikan kepada dokter untuk dapat ditangani lebih lanjut. Semoga bermanfaat.