Obat Penurun Panas dan Demam Anak Yang Bagus

Para ibu yang mempunyai anak pasti khawatir ketika anaknya mengalami panas dan demam. Oleh karena itu, obat penurun panas anak sangatlah dibutuhkan setiap saat. Ada banyak sekali jenis obat-obat untuk menurunkan panas anak, baik yang buatan maupun alami. Tetapi obat penurun panas anak terkadang ada yang cocok dan ada yang tidak cocok. Hal ini wajar karena karakteristik tubuh setiap anak memang berbeda-beda. Jadi, orang tua harus jeli ketika memilih obat penurun panas, karena yang diharapkan anak segera turun panasnya.

Obat penurun panas dan demam anak ada yang buatan dan ada juga yang alami. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Obat penurun panas dan demam buatan banyak tersedia di apotek dengan berbagai merk, kamu tak perlu  repot-repot mengolahnya tinggal berikan pada anak sesuai dengan resep. Sedangkan yang alami banyak tersedia di sekitar kita dan harganya murah, tetapi terlebih dahulu kamu mengolahnya.

obat penurun panas dan demam anak

Panas dan demam memang sering dialami anak-anak, biasanya anak akan menggigil dan kedinginan, suhu tubuhnya bisa mencapai lebih dari 37,5 derajat Celcius. Tubuh anak memang masih sangat rentan dengan infeksi virus karena sistem kekebalan tubuh anak belum sempurna. Nah, para ibu wajib mengetahui penyebab-penyebabnya:

Penyebab Panas dan Demam Pada Anak

  1. Gejala flu, batuk, maupun pilek.
  2. Diare, mencret, atau disentri.
  3. Efek setelah imunisasi.
  4. Demam berdarah atau malaria.
  5. Tifus
  6. Infeksi saluran pernfasan

Nah, setelah mengetahui penyebab panas dan demam pada anak, para ibu harus waspada terhadap kesehatan anak. Obat penurun panas dan demam anak harus selalu sedia di rumah. Karena panas dan demam anak dapat menyerang kapan saja. Ada beberapa rekomendasi obat penurun panas dan demam anak dari kami, simak selengkapnya di bawah ini:

READ  Cara Membuat Teh Daun Kelor Dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Obat Penurun Panas dan Demam Anak di Apotik

Berikut ini adalah 3 macam obat penurun panas dan demam anak yang banyak tersedia di apotek:

1. Sanmol

Sanmol merupakan obat penurun panas dan demam pada anak yang berbentuk sirup untuk umur 2 tahun. Sanmol dipercaya cukup efektif untuk menurunkan panas pada anak karena mengandung paracetamol. Cukup berikan 3 sampai 4 kali sehari pada anak.

2. Ibuprofen

Selain sanmol, ibuprofen juga termasuk obat penurun panas dan demam anak yang bagus untuk anak. Ibuprofen dapat diberikan pada anak yang berumur 1 sampai 12 tahun, sedangkan dosisnya berbeda tergantung pada berat badan anak.

3. Paracetamol

Obat penurun panas dan demam anak yang bagus di apotek yang terakhir yaitu paracetamol. Kita sudah tidak asing lagi dengan obat ini yang dipercaya sebagai penurun panas. Obat ini harus diberikan sesuai dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter.

Obat Penurun Panas dan Demam Anak Alami

Selain obat-obatan di apotek, ada juga obat penurun panas dan demam alami untuk anak yang bisa kamu coba:

1. Bawang Merah

Selain untuk bumbu dapur, bawang merah juga dapat digunakan sebagai obat penurun panas dan demam anak yang alami dan aman. Caranya mudah sekali, kamu cukup mengambil 5 buah bawang merah dan mengupasnya. Kemudian parutlah dan campurkan dengan minyak kelapa. Lalu usapkan pada ubun-ubun anak.

2. Temulawak

Temulawak memang dikenal sebagai obat herbal yang cukup mujarab. Dalam hal ini bisa digunakan sebagai obat penurun panas dan demam anak. Caranya yaitu ambil kira-kira 10 gram temulawak yang sudah bersih. Kemudian potong kecil-kecil dan seduhlah dengan setengah gelas air panas. Terakhir aduk-aduk dan saring airnya, tambahkan madu secukupnya sebelum diminum.

READ  Manfaat Daun Binahong untuk Menghilangkan Jerawat dan Asam Urat

3. Kunyit

Obat penurun panas dan demam anak yang alami selanjutnya yaitu kunyit. Kunyit satu rumpun dengan temulawak yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk pengolahannya hampir sama dengan temulawak. Kamu cukup memarut 10 gram kemudian seduhlah dengan setengah gelas air panas. Kemudian saring airnya, lalu tambahkan madu dan sedikit  air perasan air jeruk nipis.

4. Air kelapa Muda

Jika anak-anak mengalami panas dan demam, kamu bisa memberikannya air kelapa muda dengan cara meminumkannya. Panas yang tinggi membuat tubuh anak mengeluarkan banyak keringat. Nah, air kelapa muda ini sebagai pengganti cairan yang hilang agar tidak terkena dehidrasi.

5. Daun Kemangi

Selain untuk lalapan, daun kemangi juga bermanfaat untuk kesehatan terutama obat penurun panas dan demam anak. Caranya yaitu rebuslah 20 lembar daun kemangi dan jahe menggunakan 2 gelas air. Tunggu sampai menyusut kira-kira 1 gelas saja. Terakhir saring airnya dan tambahkan madu sebelum diminum.

Demikian obat penurun panas dan demam anak yang bagus, baik dari apotek maupun alami. Silahkan pilih mana yang lebih mudah dan cocok untuk anak. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *