8 Khasiat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Bawang putih sangat terkenal kegunaannya sebagai bumbu masak. Hampir setiap masakan menggunakan bawang putih sebagai tambahan penyedap. Bau dan rasanya yang khas tentunya sangat cocok untuk penyedap masakan. Tetapi tahukah kamu, bahwa bawang putih memiliki khasiat untuk kesehatan. Ya, khasiat dan manfaat bawang putih sudah tidak diragukan lagi. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung berbagai zat dan nutrisi seperti natrium, fosfor, kalium, zat besi, vitamin, dan masih banyak lagi.

Bawang putih memiliki nama latin Allium sativum ini dapat tumbuh subur di Indonesia, untuk menggunakannya kita dapat mengambil umbinya. Kali ini kami akan membahas tentang khasiat bawang putih tunggal untuk kesehatan. Ya, bawang putih tunggal berbeda dengan bawang putih yang biasa kita gunakan untuk memasak. Bawang putih memiliki warna yang lebih putih dan bentuknya bulat. Nah, lalu apa saja khasiat bawang putih tunggal ini? Yuk, simak ulasan berikut ini :

khasiat bawang putih tunggal

Khasiat Bawang Putih Tunggal

1. Mengatasi Batuk dan Flu
Bawang putih berkhasiat untuk mengatasi flu dan batuk. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan sulfur yang dapat membantu mengeluarkan lendir. Untuk mengatasi flu dan batuk dengan bawang putih yaitu pertama tumbuklah beberapa siung bawang putih dan campurkan ke dalam susu dalam panci. Rebus selama 1 – 2 menit dan minumlah selagi hangat.

2. Mencegah Kanker
Bawang putih juga bermanfaat untuk melawan sel kanker. Bawang putih mengandung organosulfida yang dapat melawan zat – zat kimia dalam tubuh.

3. Mengurangi Kolesterol
Beberapa studi menunjukan bahwa bawang putih mampu mengontrol dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kamu cukup mengkonsumsi bawang putih sebanyak 600 miligram dalam sehari saja sudah cukup untuk 12 % kadar kolesterol dalam tubuh.

READ  12 Obat Jerawat Alami yang Paling Ampuh dan Cepat

4. Mencegah Bakteri
Khasiat bawang putih juga untuk mencegah bakteri. Bawang putih mempunyai sifat anti-bakteri. Jadi saat kulit terluka dapat kita oleskan bawang putih untuk mencegah bakteri, pun saat sakit gigi dan sariawan juga dapat kita sembuhkan dengan bawang putih.

5. Menghilangkan Jerawat
Sifat anti-bakteri pada bawang putih tidak hanya untuk menyembuhkan luka dan sakit gigi. Tetapi juga untuk membantu menghilangkan jerawat. Kamu cukup menumbuknya dan tempelkan pada wajah yang berjerawat.

6. Menyembuhkan wasir
Khasiat bawang putih untuk kesehatan dapat kamu rasakan juga untuk menyembuhkan wasir atau ambeien. Caranya yaitu tumbuklah beberapa bawang putih lalu oleskan pada ambeien atau wasir.

6. Mencegah Hipertensi atau Darah Tinggi
Khasiat bawang putih juga dapat mencegah darah tinggi. Karena dapat mengurangi kecepatan detak jantung dan ketegangan pada pembuluh arteri.

8. Mencegah Kerontokan Rambut
Rambut rontok dapat kamu atasi dengan bawang putih. Caranya mudah banget, iris kecil – kecil bawang putih lalu tambahkan minyak secukupnya. Gunakan dengan cara memijat – mijat pada kepala.

Efek Samping Bawang Putih

Meskipun khasiat bawang putih tunggal untuk kesehatan sangat banyak. Tetapi juga ada efek sampingnya lho. Apa saja efek samping bawang putih tunggal?

1. Menimbulkan Bau
Bawang putih memang memiliki bau yang cukup ekstrim. Maka dari itu, jika mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Baik bau mulut maupun bau badan.

2. Alergi
Beberapa efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsi bawang putih seperti sakit kepala, pusing, maupun sesak napas. Selain itu juga menimbulkan alergi pada sistem pencernaan seperti mual, kembung maupun diare. Hal demikian disebut juga reaksi tubuh karena suatu benda atau alergi.

READ  Cara Membuat Masker Wajah Putih Telur

Itulah khasiat bawang putih tunggal untuk kesehatan dan efek sampingnya. Meskipun tidak dimakan langsung, kamu dapat melebihkan bawang putih saat memasak. Demikian kamu sudah dapat merasakan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *