Inilah Beberapa Penyebab Dada Terasa Sakit

Ketika kamu sedang melakukan aktivitas olahraga kardio yang mana merupakan salah satu aktivitas olahraga yang melatih jantung, mungkin kamu akan merasakan suatu detak jantung yang lebih cepat yang mana dapat membuat dada kamu menjadi sakit. Kalau sudah seperti ini, disarankan untuk segera istirahat dan mengembalikan denyut jantung agar kembali normal, dan barulah kamu bisa melanjutkan aktivitas olahraga lagi.

Namun perlu kamu ketahui bahwa ternyata ada penyebab lain mengapa dada terasa sakit setelah melakukan olahraga, dan kamu perlu memperhatikan penyebabnya. Menurut David Friedman, M.D yang merupakan seorang ahli gagal jantung dari Long Islan Jewish Valley Stream Hospital mengemukakan bahwa terjadinya nyeri atau sakit dada dapat terjadi ketika berlari, namun ada pula rasa sakit yang seharusnya tidak diabaikan, karena ada berbagai penyebab lainnya.

inilah-beberapa-penyebab-dada-terasa-sakit

 

Kamu masih pemula dalam hal berlari

Setiap  orang memang dapat berlari, namun kamu pasti akan mudah kehabisan tenaga jika tidak dan belum terbiasa melakukan aktivitas lari pada sebelumnya. Hal inilah yang akan terjadi apabila kamu masih sebagai pemula dalam hal aktivitas olahraga lari. Kamu membutuhkan suatu pembiasaan sehingga hal  ini membuat dada kamu tidak mudah sakit karena detak jantung yang semakin cepat. Seiring dengan tubuh yang terbiasa lari, rasa sakit pada dada kamu pun akan menjadi semakin jarang terjadi.

Otot dada kram

Sebenarnya tidak hanya otot kaki saja yang biasanya mengalami kram, otot – otot dada juga ternyata dapat mengalami kram atau tegang dan sulit untuk  digerakkan. Menurut Dokter David Friedman mengatakan bahwa otot yang disebut dengan intercostal ini dapat mengalami tegang karena tubuh kamu kekurangan cairan atau  mengalami masalah dehidrasi. Kurangnya asupan elektrolit dalam tubuh inilah yang dapat membuat otot dada mengalami  kram. Nah untuk mengatasinya hanya dengan mengkonsumsi air putih yang cukup.

READ  Cara Menghilangkan Gatal Di Badan Secara Alami Dan Ampuh

Memiliki penyakit maag

Terkadang mungkin kamu tidak menyadarinya, bahwa ternyata asam lambung dapat menyebabkan terjadinya rasa sakit pada dada. Tekanan pada sistem pencernaan dapat menyebabkan  asam lambung menjadi naik ke esofagus sehingga hal  ini dapat menyebabkan rasa sakit pada dada. Untuk  mengatasinya, sebaiknya kamu melakukan olahraga dengan tidak dalam keadaan perut kosong, sebaiknya makanlah sedikit sebelum memulai melakukan aktivitas olahraga.

Memiliki asma atau masalah paru – paru

Sebenarnya ada beberapa kondisi gangguan sistem pernafasan yang dapat menyebabkan rasa sakit pada dada, dan salah satunya adalah masalah asma. Untuk pengobatan pencegahan yang satu ini dapat dilakukan agar tidak  kembali kambuh ketika melakukan olahraga.

Mengalami komplikasi jantung

Untuk yang satu ini penyebab yang paling parah. Semakin cepat kamu lari maka semakin besar pula kemungkinan tubuh mengalami sakit pada dada. Namun jika kamu memiliki kondisi jantung koroner, dimana darah menggumpal dan menyumbat pada arteri, hal ini akan menimbulkan rasa sakit pada jantung.

Demikianlah penyebab dada anda terasa sakit. Semoga informasi dari kami dapat dijadikan referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *