Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Tekanan Darah Rendah Secara Alami

Cara mengobati tekanan darah rendah wajib kamu ketahui, khususnya bagi kamu yang sering mengalaminya. Tekanan darah rendah atau hipotensi ini merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah berada di bawah normal. Jika tekanan darah kamu berada di bawah 90/60 itu berarti termasuk rendah, dan jika tekanan darah kamu berada di atas 140/90 berarti termasuk tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa tekanan darah yang baik atau normal berkisar antara 90/60 dan 140/90. Oleh karena itu, mari kita kenali penyebab, gejala, dan cara mengobati tekanan darah. Jangan sampai kita terlambat untuk mengatasinya, karena akan sangat berbahaya.
cara mengobati tekanan darah rendah

Penyebab Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah secara umum disebabkan karena faktor dari dalam maupun luar. Faktor dari dalam misalnya, karena usia, nutrisi makanan. Sebenarnya darah  rendah rendah bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia, tetapi orang tua lebih berisiko terkena tekanan darah rendah. Kemudian nutrisi makanan, kurangnya zat besi terhadap apa yang kita makan juga bisa meningkatkan resiko terkena tekanan darah rendah. Selain faktor dari dalam, faktor dari luar seperti cuaca panas dapat memicu timbulnya darah rendah. Sebenarnya masih banyak lagi penyebab tekanan darah rendah, seperti penyakit jantung, dehidrasi, anemia, dan lain-lain. Dengan mengetahui beberapa penyebabnya, kita akan tahu bagaimana cara mengobati tekanan darah rendah.

Ciri-ciri atau Gejala Tekanan Darah Rendah

Ciri-ciri atau gejala tekanan darah rendah memang sulit diketahui, tetapi kita haruslah tetap waspada. Hal-hal berikut ini dapat menunjukan gejala tekanan darah rendah:

  1. Pusing-pusing setelah duduk lama,
  2. Perut mual mau muntah,
  3. Sering pingsan,
  4. Pandangan kabur dan pucat,
  5. Sering cepat lelah dan lemas,
  6. Nafas dan detak jantung tak beraturan,
READ  10 Obat Kolesterol Tinggi dari Buah dan Tanaman paling Ampuh

Jika kamu mengalami beberapa hal di atas, patutlah kamu waspada. Bisa jadi tekanan darah kamu rendah. Oleh karena itu, untuk meyakinkannya kamu perlu memeriksakan dirimu ke dokter. Supaya mendapatkan pemerikasaan lebih lanjut. Dokter akan memberikan obat penambah darah ataupun saran-saran agar tekanan darah kamu kembali normal. Selain itu, untuk mendukung saran dokter dalam menormalkan kembali tekanan darah kamu juga perlu memperhatikan beberapa cara mengobati tekanan darah rendah secara alami.

Cara Mengobati Tekanan Darah Rendah

Selain pengobatan secara medis dari dokter, cara mengobati tekanan darah rendah secara alami juga perlu kamu ketahui. Jika kamu sudah mengetahui gejala tekanan darah rendah dan  kamu tak sempat ke dokter, cara alami ini bisa jadi alternatif pengobatan. Kamu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, asam folat, vitamin A, vivtamin B, dan vitamin C. Beberapa nutrisi diatas terdapat dalam buah, sayur, dan daging/telur. Berikut daftarnya:

Buah-buahan untuk Mengobati Tekanan Darah Rendah

  1. Semangka
  2. Buah naga
  3. Pepaya
  4. Jambu biji
  5. Pisang
  6. Jeruk
  7. Tomat
  8. Mangga
  9. Anggur
  10. Alpukat

Sayuran untuk Mengobati Tekanan Darah Rendah

  1. Bayam
  2. Sawi
  3. Brokoli
  4. Kentang
  5. Kacang-kacangan (kacang panjang, kacang polong, buncis, dan kacang merah)
  6. Daun singkong

Daging untuk Mengobati Tekanan Darah Rendah

  1. Daging kambing, sapi, kerbau, maupun ayam
  2. Hati
  3. Telur
  4. Ikan atau kerang

Demikian cara mengobati dan mengatasi tekanan darah rendah secara alami dengan buah, sayur, dan daging. Semua mudah ditemukan dan tersedia di sekitar kita. Pada dasarnya semua penyakit datang karena gaya hidup yang kurang sehat. Maka dari itu, perbaiki gaya hidupmu terutama pola makan, makan makanan yang cukup gizi, tidur cukup, olahraga teratur, dan perbanyak minum air putih. Semoga dapat membantu!

READ  15 Obat Sakit Gigi Alami yang Dipercaya Ampuh dan Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *