Cara Mengobati Asma dan Sesak Nafas Secara Alami

Asma merupakan salah satu penyakit kronis, dimana penderita mengalami sesak nafas. Sesak nafas ini disebabkan karena terjadinya penyempitan pada saluran pernafasan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik anak-anak sampai orang tua. Penyakit ini bisa kambuh dan datang secara tiba-tiba. Penyebab kambuhnya asma karena beberapa faktor seperti polusi udara, cuaca, alergi, maupun aktivitas yang terlalu berat.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pengobatan. Pengobatan bisa dari obat kimia atau obat dari bahan-bahan alami yang mampu meringankan penyakit asma. Kamu juga biasa menggunakan inhaler untuk meredakan sesak nafas. Nah, kali ini kami akan berbagi cara untuk mengobati asma dan sesak nafas menggunakan bahan-bahan alami. Apa sajakah bahan-bahan alami itu?

cara mengobati asma

Cara Mengobati Asma

1. Madu
Madu dikenal memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan termasuk mengobati asma. Bagi kamu yang menderita asma bisa menggunakan madu murni dengan campuran daun seledri. Pertama ambillah beberapa ikat daun seledri lalu blender kemudian campurkan dengan madu murni. Setelah itu minumlah.

2. Jahe
Jahe sering digunakan untuk minuman penghangat tubuh. Tetapi tahukah kamu bahwa jahe bisa digunakan untuk mengobati asma dan sesak napas? Caranya yaitu ambillah beberapa jahe dan bersihkan. Lalu bakarlah kemudian tumbuklah sampai pipih. Setelah itu seduhlah dengan air mendidih. Minumlah secara rutin, efek hangatnya dapat melegakan pernafasan.

3. Bawang Putih
Bawang putih selain untuk bahan penyedap masakan, juga dipercaya untuk mengobati asma dan sesak nafas. Beberapa orang telah mencobanya dan berhasil. Kamu bisa mengkonsumsinya langsung maupun dibuat minuman. Memang sih, bau bawang putih tidak enak. Tetapi itulah obat alami, demi kesembuhan kamu perlu mencobanya.

4. Seledri
Seledri merupakan salah satu bahan sayuran yang sering digunakan ibu-ibu ketika memasak. Namun demikian, seledri juga bisa kamu gunakan untuk mengobati asma dan sesak nafas. Kamu tinggal membuatnya sebagai jus kemudian minumlah secara teratur. Cukup mudah bukan?

READ  Cara Menghilangkan Ketombe Parah Secara Alami

5. Daun Sirih
Daun sirih meski baunya agak aneh, tetapi dapat membantu mengobati asma dan sesak nafas. Daun sirih banyak mengandung vitamin dan mineral.

6. Pare
Pare adalah salah satu sayuran yang rasanya pahit. Meskipun begitu, pare bisa berguna untuk mengobati penyakit asma dan sesak nafas. Sama halnya dengan seledri, untuk menggunakannya kamu tinggal menghaluskannya dengan blender dan campurkan dengan madu. Setelah itu minumlah dengan teratur.

7. Bunga Kenanga
Selain harum baunya, bunga kenanga juga bermanfaat untuk mengobati sakit asma dan sesak nafas. Pertama keringkan dulu bunga kenanga yang sudah dipetik. Kedua rebuslah dengan 2 gelas air sampai menyusut 1 gelas. Terakhir saring dan minumlah air rebusan tersebut.

8. Daun Kemangi
Daun kemangi biasa digunakan untuk bahan lalapan, karena cukup enak dan menyegarkan. Daun kemangi dapat dikombinasikan dengan madu murni untuk mengobati penyakit asma dan sesak nafas. Caranya yaitu haluskan daun kemangi dengan blender lalu campurkan dengan madu. Kemudian minumlah, pernafasan kamu akan kembali normal.

9. Kulit Manggis
Beberapa tahun terakhir kulit manggis sangat populer karena manfaatnya untuk kesehatan, termasuk mengobati asma dan sesak nafas. Di pasaran telah beredar ekstrak kulit manggis dalam bentuk kapsul, jadi tak susah-susah lagi untuk mengolahnya. Minumlah secara teratur agar penyakit asma kamu hilang. Selain untuk mengobati asma, kulit manggis juga bermanfaat untuk menyembuhkan kanker dan paru-paru.

Demikianlah cara mengobati asma dan sesak nafas dengan bahan-bahan alami tradisional. Jangan panik ketika asma datang. Hindari asap rokok yang dapat memicu asma dan olahraga secara teratur agar sistem pernafasan terlatih.