Tips dan Cara Menghilangkan Stres Menurut Islam

Cara menghilangkan stres menurut Islam menjadi pilihan ketika stres melanda, karena dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita tidak bisa lepas dengan berbagai permasalahan. Permasalahan yang begitu membelit pikiran dapat menimbulkan stres. Setiap orang pasti pernah mengalaminya. Nah, disinilah kekuatan iman kita diuji. Jika tak kuat, datanglah berbagai penyakit, ada juga yang mengalami gangguan jiwa bahkan melakukan hal konyol seperti bunuh diri yang justru merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan stres menurut Islam, ketahuilah dan rasakan apa saja yang menyebabkan stres. Penyebab stres antara lain karena masalah pekerjaan atau kuliah, masalah percintaan, dan masalah yang paling umum yaitu ekonomi. Lalu bagaimana cara menghilangkan stres menurut Islam? Simak penjelasan berikut ini:

menghilangkan stres

Cara Menghilangkan Stres

1. Berwudhu
Berwudhu merupakan upaya untuk membersihkan kotoran atau najis. Selain itu, wudhu juga dipercaya dapat meredakan amarah. Ketika amarah timbul, secara otomatis juga akan timbul stres. Nah, cobalah berwudhu, meskipun tidak sedang akan melakukan sholat.

2. Menyegerakan Sholat
Cara menghilangkan stres menurut Islam yang selanjutnya yaitu segera dalam melaksanakan sholat. Sholat merupakan kewajiban setiap muslim. Ketika memasuki waktu sholat, maka segeralah berwudhu dan laksanakan sholat. Jangan menunda-nunda sholat. Sholat dengan khusyuk, dapat membuat pikiran lebih tenang dan rileks.

3. Membaca atau Mendengarkan Al-Qur’an
Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang digunakan sebagai pedoman hidup. Muslim yang membaca Al-Qur’an akan mendapat pahala. Cobalah membaca Al-Qur’an dengan tartil atau murrotal dan pahami pula maknanya. Selain membaca, kamu juga bisa mendengarkan Al-Qur’an,

4. Senantiasa Bersyukur dan Tawakal
Selalu bersyukur dan tawakal merupakan salah satu cara menghilangkan stres. Barangsiapa yang bersyukur, Allah akan menambah nikmatnya. Bersyukur berkaitan dengan hati. Hati yang senantiasa bersyukur akan menenangkan hati. Begitupun dengan tawakal, menyerahkan semua kehendak kepada Allah.

5. Menjalin Silaturahmi
Selalu menjalin silaturahmi, bertemu dengan sahabat, saudara, maupun teman-teman sangat dianjurkan. Barangsiapa yang bersilaturahmi akan diperluas rizkinya dan dipanjangkan umurnya. Dengan bersilaturahmi, kamu dapat bertukar pikiran, saling memecahkan masalah, dan bercanda. Jadi, silaturahmi ini merupakan salah satu cara menghilangkan stres.

6. Senantiasa berikhtiar
Berikthiar yaitu berusaha dalam mencapai cita-cita yang diiringi dengan doa. Keduanya sangat berkaitan. Jika kita sudah berusaha dan berdoa kepada Allah, niscaya segala apa yang dicita-citakan akan tercapai. Selalu berserah diri kepada Allah, yakin bahwa setiap usaha dan doa tidak akan sia-sia.

Demikian tips dan cara menghilangkan stres menurut Islam. Selain itu, lakukan juga aktivitas fisik seperti berolahraga untuk mencegah stres. Sekian artikel dari kami, semoga dapat mencerahkan.

READ  Aktivitas Menarik Untuk Menghindarkan Tubuh Dari Stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *