Cara Menghilangkan Panas Dalam Secara Alami

Cara menghilangkan panas dalam sebenarnya sangat gampang. Panas dalam sering banyak dialami kebanyakan orang termasuk saya sendiri.  Sesuai dengan namanya, panas dalam ketika kita mengalaminya tentunya akan  mengalami panas yang luar biasa di dada maupun di tenggorokan. Efek panas dalam itu sendiri kita juga akan mengalami sariawan dan bibir pecah-pecah. Nah, beberapa cara ini mungkin dapat membantu anda untuk menghilangkan panas dalam.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan panas dalam, ketahui dahulu penyebabnya. Ada banyak sekali penyebab panas dalam, diantaranya karena kekurangan vitamin C, kelelahan, dan karena cuaca. Banyak bahan alami yang tersedia di lingkungan kita yang dapat membantu kita mengobati panas dalam. Apa saja dan bagaimana cara menggunakannya? Simak selengkapnya berikut ini:

cara menghilangkan panas dalam

 

Cara Menghilangkan Panas Dalam

1. Air Kelapa Muda
Air kelapa muda memang sangat menyegarkan bila diminum saat cuaca panas. Oleh karena itu, air kelapa muda dapat bermanfaat untuk membantu menghilangkan panas dalam. Minumlah air kelapa muda saat panas dalam datang. Air kelapa muda juga baik untuk pengganti cairan tubuh.

2. Air Garam
Cara menghilangkan panas dalam paling sederhana yaitu dengan air garam. Siapkan 1 gelas hangat dan tambahkan garam 5 – 6 sendok makan garam halus. Aduk sampai larut dan gunakan untuk kumur selama 5 menit.  Gunakan sebelum tidur secara rutin.

3. Biji Selasih
Biji selasih memang banyak manfaatnya. Kali ini kami akan berbagi cara menghilangkan panas dalam dengan biji selasih. Seduhlah 2 sendok teh biji selasih dengan segelas air. Aduk – aduk dan tunggu sampai dingin, kemudian minumlah. Biji selasih memberikan efek yang menyegarkan tenggorokan.

4. Daun Sambiloto
Daun sambiloto terkenal sebagai bahan herbal tradisional. Jika kamu sering mengalami panas dalam kamu bisa menggunakannya untuk menghilangkan panas dalam. Caranya gampang sekali, siapkan 1 ikat daun sambiloto. Kemudian haluskan dengan menambahkan sedikit secukupnya. Lalu saring airnya dan minumlah.

READ  Cara Mengatasi Cegukan Bayi Seteleh Minum ASI

5. Mentimun
Mulai dari asam lambung sampai sariawan dapat diatasi dengan mentimun. Nah, kali ini mentimun juga bermanfaat untuk menghilangkan panas dalam. Sayuran yang kaya akan air ini dapat kamu olah menjadi jus dan minumlah jus mentimun ini 3 kali sehari.

6. Daun Cincau
Siapa sih yang tak tahu dengan daun cincau? Daun ini memiliki banyak nutrisi seperti tokoferol, fosfor, saponin yang kaya akan manfaat untuk kesehatan termasuk menghilangkan panas dalam. Cara mengolahnya cukup mudah, siapkan beberapa lembar dauncincau dan rebuslah dengan air secukupnya. Saring airnya dan diamkan sampai dingin. Minumlah 2 kali sehari.

7. Kencur
Kencur juga termasuk salah satu herbal yang tidak asing lagi. Kencur banyak mengandung zat yang baik untuk membantu menghilangkan panas dalam. Cara menghilangkan panas dalam dengan kencur membutuhkan proses yang cukup lama. Ambil beberapa potong kencur lalu kupas dan cuci sampai bersih. Kemudian tumbuk lalu peras airnya. Setelah itu, campurkan dengan air hangat dan minumlah.

Demikian cara menghilangkan panas dalam secara alami. Selalu jaga kesehatan, rajin berolahraga, dan perbanyak makan buah – buahan agar panas dalam segera sembuh. Jika tidak kunjung sembuh periksakan ke dokter. Selamat mencoba!