Begini 7 Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur Secara Alami

Tidak merupakan salah satu istirahat yang paling baik. Dengan tidur rasa lelah dan letih akan hilang. Tetapi tanpa kita sadari, bahwa saat tidur kita sering mengalami suatu peristiwa yang biasanya juga dialami kebanyakan orang. Apakah itu? Ya, mendengkur. Mendengkur atau biasa disebut ngorok ini disebabkan karena lidah, tenggorokan, dan atap mulut terjadi relaksasi. Sehingga menimbulkan getaran pada atap mulut yang dapat menimbulkan suara. Suara ini ini terkadang menimbulkan bising sehingga akan mengganggu orang-orang disekitar kita. Nah, maka dari itu cara menghilangkan ngorok saat tidur perlu kamu ketahui.

Cara menghilangkan ngorok saat tidur sebenarnya mudah. Saya akan menyampaikan beberapa pengalaman saya menghilangkan ngorok atau mendengkur. Tidur mendengkur atau ngorok sering terjadi bukan tanpa sebab. Penyebab tidur ngorok diantaranya karena pengaruh rokok, minuman keras, obat-obatan, dan juga posisi tidur yang salah. Beberapa cara menghilangkan ngorok saat tidur di bawah ini hendaknya perlu kamu coba:

cara menghilangkan ngorok

Cara Menghilangkan Ngorok

1. Jahe
Jahe memang terkenal sebagai tanaman herbal yang dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit. Tetapi kali ini jahe dapat membantumu menghilangkan ngorok saat tidur. Tentu kamu perlu mengolahnya menjadi minuman terlebih dahulu. Caranya mudah, pipihkan beberapa potong jahe lalu rebus dengan air secukupnya sampai mendidih. Tuangkan ke dalam gelas lalu tambahkan madu secukupnya. Minumlah secara teratur. Jahe akan memberikan efek yang melegakan tenggorokan yang dapat menghilangkan ngorok saat tidur.

2. Minyak Zaitun
Minyak zaitun sangat berguna baik untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam hal ini, minyak zaitun dapat membantu menghilangkan ngorok saat tidur. Caranya mudah sekali, kamu cukup mencampurkan minyak zaitun dan madu masing-masing setengah sendok teh lalu minum sebelum tidur. Kombinasi keduanya akan memperlancar pernapasan karena pembengkakan. Minyak zaitun dan madu mengandung zat anti inflamasi.

READ  Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Cepat dan Permanen

3. Uap
Cara menghilangkan ngorok juga bisa menggunakan uap panas. Caranya yaitu tuangkan air panas secukupnya pada mangkok. Lalu tambahkan minyak esensial atau minyak kayu putih secukupnya. Hirup uapnya selama 10 menit. Hal ini dapat mengencerkan lendir yang menyumbat di hidung. Sehingga suara ngorok saat tidur akan hilang.

4. Kunyit
Kunyit biasa digunakan sebagai bumbu saat memasak. Kali ini kunyit dapat kamu gunakan untuk menghilangkan ngorok saat tidur. Kunyit mampu mengatasi peradangan pada tenggorokan. Cara menghilangkan ngorok dengan kunyit mudah sekali. Larutkan bubuk kunyit sebanyak 2 sendok teh bersama pada segelas susu hangat. Minumlah sebelum tidur.

5. Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol
Cara menghilangkan ngorok saat tidur yaitu dengan menghindari dari merokok serta minum minuman beralkohol. Secara medis keduanya memang sangat tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan merokok akan mengganggu saluran pernapasan serta paru-paru, sehingga akan memicu timbulnya ngorok saat tidur.

6. Posisi Tidur dengan Benar
Atur posisi kamu saat tidur. Posisi tidur yang tidak benar akan memicu timbulnya suara mendengkur. Lalu bagaimana posisi tidur yang baik? Cobalah tidur dengan posisi menyamping. Hal ini mampu menghindari dengkuran saat tidur. Hindari tidur dengan terlentang yang berpotensi menimbulkan ngorok saat tidur.

7. Atur Waktu Tidur
Kamu perlu waktu tidur yang cukup untuk menghindari mendengkur. Saat kamu mengalami lelah yang luar biasa, besar kemungkinan akan mendengkur saat tidur. Maka dari itu, atur waktu tidurmu sebaik mungkin.

Demikian tips dan cara menghilangkan ngorok saat tidur secara alami. Sebagai tambahan, rajinlah berolahraga, perbanyak minum air putih, serta hindari minum obat tidur. Selamat mencoba, semoga ada perubahan.