Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi Secara Alami

Para ibu terkadang bingung bagaimana cara menghilangkan biang keringat pada bayinya. Biang keringat biasa disebut keringat buntet ini ditandai dengan bintik-bintik merah pada tubuh. Ya, biang keringat memang masalah yang umum dialami setiap orang baik bayi maupun orang dewasa. Tetapi kebanyakan biang keringat ini dialami bayi usia 0 – 1 tahun. Biang keringat biasanya muncul saat cuaca panas atau saat bayi demam. Ketika bayi kamu mengalaminya, bayi kamu pasti rewel karena memang biang keringat ini menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang paling mudah biasanya para ibu menggunakan bedak. Bedak dingin bisa mengurangi rasa panas yang ditimbulkan akibat munculnya biang keringat. Tetapi perlu para ibu ketahui, bedak juga bisa mengganggu pernafasan bayi lho. Nah, kali ini kami akan berbagi cara menghilangkan biang keringat atau keringat buntet pada bayi secara alami. Cara alami ini tentunya aman untuk bayi. Simak langkah – langkahnya berikut ini:

cara menghilangkan biang keringat

Cara Menghilangkan Biang Keringat

1. Es Batu
Cara menghilangkan biang keringat yang paling sederhana yaitu dengan menggunakan es batu. Es batu akan memberikan efek dingin untuk mengurangi rasa gatal dan panas pada bayi yang mengalami biang keringat. Kamu cukup mengoleskannya pada kulit bayi yang terdapat biang keringat.

2. Minyak Telon
Minyak telon aman buat bayi, minyak telon mengandung 60 persen minyak kepala. Cara menghilangkan biang keringat dengan minyak telon yaitu kamu cukup mengoleskannya saja pada badan bayi. Ruam merah dan rasa panas akan berkurang. Gunakan teratur agar hasilnya baik.

3. Lidah buaya
Lidah buaya cukup terkenal untuk rambut. Tetapi kali ini lidah buaya juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan biang keringat pada bayi. Kamu cukup mengambil gel-nya dan mengoleskannya pada badan bayi. Efek dinginnya dapat memberikan rasa nyaman pada bayi. Ruam-ruam pada kulit juga akan cepat hilang

READ  9 Obat Sakit Kepala Alami dan Ampuh

4. Daun Krokot
Mungkin asing bagi kamu dengan tanaman krokot. Tanaman ini biasanya tumbuh di tempat yang lembab sehingga banyak mengandung air. Cara menghilangkan biang keringat dengan  krokot cukup mudah. Pertama rebuslah 1 ikat tanaman kerokot dengan 3 gelas air. Tunggu sampai tersisa 1 gelas air. Tunggu sampai dingin lalu minumkan pada bayi.

5. Mentimun
Mentimun atau timun ini memang banyak manfaat, tak hanya untuk dikonsumsi tetapi timun juga dapat untuk menghilangkan biang keringat secara alami. Pertama, tumbuklah buah mentimun secukupnya, setelah halus usapkan pada badan bayi secara merata. Diamkan selama 5 menit kemudian bersihkan.

6. Kacang hijau
Cara menghilangkan biang keringat yang terakhir yaitu dengan menggunakan kacang hijau. Caranya tidak sulit kamu cukup menumbuk 1 ons kacang hijau sampai lembut. Kemudian seduh dengan air mendidih. Tunggu sampai dingin dan minumkan 3 kali sehari.

Demikian cara menghilangkan biang keringat pada bayi secara alami. Sebagai saran, gantilah pakaian bayi secara rutin, gunakan pula pakaian yang menyerap keringat, hindari tempat yang panas dan lembab, dan yang terpenting selalu menjaga kebersihan. Jika biang keringat tak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *