Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Pijatan

Masuk angin adalah salah satu penyakit yang sering dialami banyak orang. Maka dari itu kita harus mengetahui cara mengatasi masuk angin. Masuk angin memang penyakit yang biasa, tetapi jangan dianggap sepele. Segeralah diatasi sebelum bertambah parah. Masuk angin bisa disebabkan karena virus, kondisi cuaca, terlambat makan, kurang tidur atau kurang istirahat. Jika kamu mengalami masuk angin kamu akan mengalami gejala seperti sakit kepala, nyeri otot, demam, perut kembung, dan sering bersendawa. Hal ini tentunya menjadikan kita kurang nyaman.

Cara mengatasi masuk angin yang biasa kita lakukan yaitu dengan kerokan. Memang sih, cara ini cukup manjur. Tetapi bisa menyebabkan efek buruk pada kulit. Ada cara lain untuk mengatasi masuk angin, selain dengan kerokan, yaitu dengan pijatan. Bagaimana caranya? Simak ulasan-ulasan di bawah ini :

mengatasi masuk angin dengan pijatan

Mengatasi Masuk Angin dengan Pijatan

1. Pijatan Tangan
Pijatan tangan yaitu terletak antara jari telunjuk dan ibu jari atau jempol. Lakukan pijatan pada daerah tersebut berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 50 – 60 kali. Hal ini akan membantu dalam mengeluarkan angin dalam tubuh. (Gambar 1)

2. Pijatan Lengan
Pijatan lengan untuk mengatasi masuk angin yaitu terletak pada atas pergelangan tangan sejajar dengan ibu jari. Lakukan pijatan pada daerah tersebut selama 20 – 30 menit. Hal ini membantu dalam mengeluarkan angin dalam tubuh serta mengurangi sakit kepala dan leher. (Gambar 2)

3. Pijatan Kaki
Pijatan kaki yaitu terletak tiga jari di atas mata kaki bagian dalam. Lakukan pijatan pada daerah tersebut berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 50 – 60 kali. Hal ini untuk membantu mengeluarkan keringat sehingga badan akan menjadi ringan. (Gambar 3)

READ  15 Obat Sakit Gigi Alami yang Dipercaya Ampuh dan Cepat

4. Pijatan Kepala Bagian Depan
Pijatan kepala bagian depan yaitu terletak pada ujung alis bagian luar atau pelipis kanan maupun kiri. Lakukan pijatan pada daerah tersebut beberapa 20 – 30 menit. Hal ini untuk membantu mengeluarkan angin pada wajah dan kepala. (Gambar 4)

5. Pijatan Kepala Bagian Belakang
Cara mengatasi masuk angin dengan pijatan yang terakhir yaitu dengan pijatan kepala bagian belakang. Pijatan ini terletak pada lekukan tulang leher baik kanan maupun kiri. Lakukan pijatan pada daerah tersebut selama 20 – 30 menit. Hal ini untuk membantu mengurangi sakit pada kepala. (Gambar 5)

Demikan cara mengatasi masuk angin dengan pijatan. Setelah melakukan pijatan, sebaiknya istirahat sejenak dan kurangi pekerjaan yang berat. Semoga cara ini bermanfaat bagi anda. Selain dengan pijatan masuk angin juga bisa diatasi dengan bahan alami tradisional? Apa saja bahan alami itu? Simak pada artikel selanjutnya Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Bawang Putih dan Lemon.