Cara Mengatasi Diare pada Bayi dan Ibu Hamil secara Alami

Banyak orang mencari cara mengatasi diare pada bayi dan ibu hamil secara alami. Diare atau biasanya disebut mencret bisa menyerang siapa saja, termasuk bayi dan ibu hamil. Diare ditandai dengan seringnya buang air besar dan tinja berwujud cair. Penyebab diare pada ibu hamil biasanya karena perubahan hormon, virus, bakteri, ataupun masuk angin. Sedangkan penyebab diare pada bayi biasanya disebabkan karena akan tumbuh gigi, infeksi virus, atau bakteri.

Untuk mengatasi diare pada bayi tidaklah sembarangan. Ibu harus selalu memberi asupan cairan yang cukup untuk bayinya, jangan sampai bayinya kehilangan cairan karena diare. Nah, untuk mengatasi diare pada bayi lebih baik gunakan bahan-bahan alami yang aman dan tanpa efek samping. Apa saja bahan alami itu?

cara mengatasi diare pada bayi

Cara Mengatasi Diare pada Bayi

1. Oralit
Untuk mengatasi diare pada bayi juga bisa menggunakan oralit. Tidak sulit untuk membuat larutan oralit, cukup dengan 1 sendok makan gula pasir dan seperempat sendok makan garam halus ke dalam setengah gelas air hangat. Aduk lalu minumkan pada bayi. Larutan oralit ini bermanfaat untuk  mengganti ion tubuh karena buang air besar terus menerus.

2. Tajin
Cara mengatasi diare pada bayi yaitu dengan tajin. Untuk membuatnya sangat mudah, rebus setengah kilogram beras pada 1 liter air. Tunggu sampai mendidih, setelah itu ambilah air pada permukaan nasi dengan sendok. Tambahkan gula merah secukupnya dan berikan pada bayi.

Itulah cara mengatasi diare pada bayi, caranya cukup mudah. Selanjutnya kita bahas cara mengatasi diare pada ibu hamil, untuk mengatasinya juga tidak sembarangan. Mengkonsumsi obat saat hamil sangat tidak dianjurkan, karena akan mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan. Beberapa bahan alami untuk mengatasi diare pada ibu hamil yaitu:

READ  Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Campak Secara Alami Terbaru

cara mengatasi diare pada ibu hamil

Cara Mengatasi Diare pada Ibu Hamil

1. Air putih
Air putih membantu menggantikan cairan saat diare. Terlalu banyak buang air besar saat diare, memungkinkan untuk kehilangan lebih banyak cairan tubuh atau dehidrasi. Oleh karena itu minumlah air putih lebih banyak.

2. Sup kaldu ayam
Untuk mengatasi diare pada ibu hamil juga bisa dengan mengkonsumsi sup kaldu ayam. Sup kaldu ayam banyak mengandung protein yang baik untuk melawan bakteri dan virus saat diare.  Selain itu sup kaldu ayam juga dapat mengganti cairan tubuh yang hilang.

3. Kentang
Kentang bisa membantu mengatasi diare pada ibu hamil. Kentang banyak mengandung karbohidrat dan zat pati untuk memperlancar pencernaan.  Kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara direbus maupun dibuat sup kentang.

4. Yogurt
Yogurt merupakan bahan olahan fermentasi susu yang dikenal bermanfaat untuk kesehatan termasuk mengatasi diare pada ibu hamil. Yogurt mengandung bakteri baik yang berguna untuk melawan virus dan bakteri jahat dalam saluran pencernaan.

5. Sup wortel
Cara mengatasi diare pada ibu hamil yang terakhir yaitu dengan mengkonsumsi sup wortel. Sup wortel merupakan zat antidiare yang alami. Kandungan gizinya juga baik untuk janin. Buatlah sup wortel tanpa bumbu, cukup gunakan sedikit garam saja.

Demikian cara mengatasi diare pada bayi dan ibu hamil secara alami yang bisa kamu coba. Caranya mudah sekali, bisa dilakukan dirumah.