Cara Mengatasi Cegukan Bayi Seteleh Minum ASI

Cegukan merupakan suara “hiks” yang keluar dari mulut yang dikarenakan berkontraksinya diafragma. Cegukan terjadi secara tiba-tiba dan berkali-kali, sehingga membuat kita menjadi tidak nyaman. Cegukan bisa terjadi pada siapa tanpa memandang usia, termasuk bayi. Jika bayi mengalami cegukan, pasti rewel dan menangis. Nah, para ibu kadang bingung dan cemas saat bayinya mengalami cegukan. Bayi biasanya mengalaminya cegukan setelah minum ASI.

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi cegukan bayi, para ibu harus tahu apa saja penyebab cegukan bayi setelah munum ASI. Beberapa penyebabya antara lain yaitu bayi tertawa saat minum ASI, posisi bayi saat minum ASI yang tidak tepat sehingga udara lebih mudah masuk ke mulut bayi. Nah, para ibu yang bayinya mengalami cegukan setelah minum ASI, bisa melakukan langkah untuk mengatasinya:

Cara Mengatasi Cegukan Bayi

1. Bantu bayi bersendawa
Langkah yang pertama mengatasi bayi cegukan setelah minum ASI yaitu dengan membantu bayi dalam bersendawa. Bagaimana cara melakukannya? Berhentilah sejenak saat menyusui, pelan – pelan tepuklah punggungnya. Setelah bersendawa, angin dalam perut akan berkurang. Cegukan juga akan berhenti.

2. Posisi saat Menyusui
Posisi menyusui yang benar akan mencegah bayi dari cegukan. Saat menyusui, pastikan ibu dan bayi dalam keadaan tenang jangan terburu-buru. Hal ini dapat mencegah timbulnya cegukan bayi setelah minum ASI.

3. Posisi Tegak
Jika cegukan bayi setelah minum ASI terjadi pada anak anda. Cobalah tegakan posisi bayi dengan menyandarkan pada pundak anda. Hal ini membantu bayi untuk mengeluarkan angin dalam perut. Setelah cegukan hilang, anda bisa menyusuinya kembali.

4. Berikan Empeng
Salah satu penyeba cegukan yaitu berkonstraksinya otot diafragma. Nah, dengan memberikan empeng, bayi akan menghisap-hisapnya sehingga membantu mengendurkan diafragma. Gunakan empeng yang bersih dan steril.

READ  10 Obat Kolesterol Tinggi dari Buah dan Tanaman paling Ampuh

5. Bawa Bayi di Tempat yang Hangat
Bayi memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik. Suhu yang dingin memicu timbulnya cegukan pada bayi. Jika bayi anda mengalaminya, bawalah bayi anda ke tempat yang lebih  hangat. Hal ini membantu mengatasi cegukan bayi setelah minum ASI.

Demikianlah cara mengatasi cegukan bayi setelah minum ASI. Cegukan yang dialami bayi sangat wajar dan anda tidak perlu terlalu khawatir. Meskipun begitu, jika cegukan terjadi terlalu lama dan tidak kunjung berhenti, bawalah bayi anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga membantu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *