9 Obat Sakit Kepala Alami dan Ampuh

Sakit kepala bisa menyerang siapa saja. Pastinya kamu harus selalu menyediakan obat sakit kepala karena datangnya bisa dengan tiba-tiba. Sakit kepala bisa dirasakan berdasarkan letaknya seperti sakit kepala seluruhnya, sakit kepala sebelah, dan sakit kepala belakang. Tentunya dengan berbagai sebab misalnya stress, dehidrasi, telat makan, atau kurang tidur.
Nah, salah satu cara menangani sakit kepala biasanya menggunakan obat, yang paling paling umum yaitu obat kimia produksi pabrik yang berwujud pil. Tetapi apakah kamu akan terus-terusan menggunakan pil? Yang tentunya memiliki efek samping. Cobalah beralih dengan obat sakit kepala yang alami dan tips sederhana untuk menghilangkan sakit kepala. Berikut penjelasannya:

obat sakit kepala

Obat Sakit Kepala

1. Minyak kayu putih
Minyak kayu putih dapat membantu untuk mengatasi sakit kepala dari luar. Cukup dengan mengoleskannya pada kening sambil melakukan pijatan secara perlahan. Nah, untuk itu selalu sediakan minyak kayu putih, jika sewaktu-waktu kamu mengalami sakit kepala kamu dapat menggunakannya. Selain itu, minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk obat sakit perut atau mual-mual. Tentunya minyak ini aman dan tanpa efek samping.

2. Pisang
Pisang memang bukanlah obat tetapi khasiatnya dapat digunakan untuk membantu meredakan sakit kepala. Pisang mengandung banyak magnesium dan potassium. Jika tiba-tiba kamu sakit kepala, makanlah pisang untuk meringankannya. Untuk pencegahan, kamu dapat mengkonsumsinya setiap pagi sebagai pelengkap ketika sarapan.

3. Kentang
Meskipun bukan obat, kentang juga dapat membantu meringankan sakit kepala. Kentang mengandung kalium yang dapat melancarkan peredaran darah. Karena peredaran darah lancar, otomatis sakit kepala juga tidak akan datang. Disarankan untuk mengkonsumsi kentang bersamaan dengan kulitnya.

4. Kopi
Kopi mengandung kafein yang bermanfaat untuk menenangkan saraf. Sehingga dapat mengurangi stress ketika menghadapi pekerjaan. Nah, kamu bisa meminumnya pada pagi hari sebelum bekerja. Tetapi jangan juga minum kopi terlalu banyak ya? Karena kafein kopi yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan sakit kepala, maksimal 2 kali sehari. Kopi biasanya dapat diseduh bersama dengan gula atau tanpa gula untuk penderita diabetes.

READ  12 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Air putih
Kita tahu bahwa salah satu penyebab sakit kepala yaitu kekurangan cairan atau dehidrasi. Nah, air putih ini bisa jadi solusi. Cobalah minum air putih. Barangkali aktivitasmu yang begitu banyak membuat kamu lupa untuk minum. Minimal minum air putih 8 gelas sehari.

6. Biji Alpukat
Sakit kepala yang berlebih bisa menyebabkan demam, biji alpukat bisa digunakan untuk mengkompres kepala. Berikut caranya:
– Parutlah 2 biji alpukat.
– Campurlah dengan sedikit air.
– Kompreskan pada dahi sambil tidur selama 1 sampai 2 jam.

7. Biji Bunga matahari
Cara menggunakan biji matahari untuk obat sakit kepala yaitu:
– Ambil biji bunga matahri
– Lalu rebus dengan 2 gelas air, campurkan jahe yang diiris.
– Tunggu sampai airnya menyusut kira-kira sampai 1 gelas.
– Lalu minumlah setelah hangat.
Mungkin cara itu kurang praktis karena memerlukan bahan-bahan serta proses.

8. Semangka
Semangka merupakan salah satu buah yang banyak mengandung air. Maka dari itu, air dari buah semangka dapat sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Sedangkan kalium pada semangka memiliki khasiat yang sama seperti kentang yaitu untuk melancarkan peredaran. Makanlah semangka sampai ke pangkal daging, karena kalium semangka terdapat di pangkal daging.

9. Ikan
Pada bagian bagian kepalanya banyak mengandung Omega 3 yang dapat mencegah sakit kepala sebelah. Ikan yang dianjurkan yaitu ikan salmon dan ikan tuna. Ikan juga sumber protein yang baik untuk pelengkap nutrisi tubuh.

Tips Menghilangkan Sakit Kepala

Selain itu kamu juga bisa mencoba beberapa tips ringan untuk menghilangkan sakit kepala, seperti:
1. Melakukan peregangan tubuh.
2. Membaringkan badan sejenak.
3. Tidur yang cukup dan hindari begadang.
4. Berkumpul dan bercanda dengan keluarga atau teman.
5. Jangan melakukan aktivitas yang berlebihan.
Itulah beberapa obat sakit kepala yang alami dan tips-tips ringan yang bisa kamu coba. Semoga bisa membantu mengatasi masalah sakit kepala kamu. Sakit kepala juga bisa karena gejala penyakit, maka segera periksakan ke dokter apabila sakit kepala kamu tak kunjung sembuh.

READ  Cara Membuat Teh Daun Kelor Dan Manfaatnya untuk Kesehatan