5 Gejala Penyakit Maag Akut

Tubuh akan mengalami banyak gangguan kesehatan, ini dapat terjadi karena faktor makanan, lingkungan dan lain-lain. Makanan sangat mempengaruhi kondisi tubuh seseorang. Banyaknya makanan yang kaya nutrisi yang bisa dikonsumsi, sehingga akan membuat tubuh menjadi sehat. Namun jika makanan yang dikonsumsi memiliki zat berbahaya juga akan membuat tubuh kita tidak sehat. Salah satu gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan tubuh adalah maag. Sistem pencernaan rawan terhadap gangguan kesehatan, ini karena merupakan tempat mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Penyakit maag ini dapat menjadi bahaya untuk tubuh, oleh karena itu sangat penting pengetahuan tentang gejala maag akut sejak dini, agar nantinya anda tidak terserang penyakit tersebut.

Penyakit maag biasanya menyerang usus besar dan lambung. Orang yang mengidap penyakit maag ini akan menunjukkan beberapa gejala seperti berikut ini :

gejala penyakit maag

Gejala Penyakit Maag

  1. Nyeri pada bagian lambung

Nyeri yang terjadi di lambung ini disebabkan karena lambung dan usus mengalami iritasi atau terdapat luka di bagian lambung usus. Selain lambung dan usus yang teriritasi, kerongkongan juga bisa mengalami iritasi. Luka tersebut akan terasa nyeri karena adanya cairan di dalam tubuh, nyeri tersebut akan semakin terasa jika penderita maag akut mengkonsumsi makanan yang pedas atau asam. Luka tersebut akan sangat perih ketika terkena cairan yang pedas atau asam.

  1. Mual, muntah hingga pingsan

Seseorang yang menderita maag akut akan sering mengalami mual, muntah hingga pingsan. Gejala maag akut ini terjadi karena iritasi di dalam lambung terkontaminasi oleh bakteri. Rasa panas, nyeri, sakit di dalam lambung membuat lambung terasa penuh dan tubuh mencoba untuk mengeluarkannya melalui kerongkongan dengan muntah.

  1. Sering bersendawa
READ  Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bawang Putih dan Kapur Sirih

Orang yang menderita maag akut juga akan sering bersendawa, ini karena tubuh berusaha mengeluarkan gas panas yang berada di dalam lambung. Jika orang tersebut tidak kuat menahan rasa nyeri dan panas di dalam lambung, akan mengalami pingsan. Bakteri yang biasanya menginfeksi adalah helycobacter pylori.

  1. Nafsu makan berkurang

Infeksi pada lambung akan menimbulkan gejala maag akut yakni berkurangnya nafsu makan. Iritasi yang terdapat di lambung sering kali membuat penderita merasa kehilangan nafsu makan, ini dikarenakan lambung terasa penuh. Selain itu bakteri yang menginfeksi luka di lambung juga akan menyerang kerongkongan, sehingga akan membuat penderita maag mengalami kesulitan untuk menelan makanan.

  1. Buang air besar disertai darah

Maag yang sudah sangat parah akan membuat penderitanya mengalami buang air besar dengan disertai darah. Luka yang berada di dalam lambung akan semakin besar dan akhirnya mengeluarkan darah, darah tersebut akan bersama dengan feses. Hal ini dapat terjadi jika maag tidak segera di obati. Jika telah mendapati gejala maag akut ini, maka akan sulit untuk diobati.

Demikianlah beberapa penyebab dan juga gejala maag akut. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membantu mendeteksi gangguan kesehatan pada lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *