10 Gejala Penyakit Jantung yang Harus Kamu Ketahui

Jantung adalah organ tubuh yang berukuran kepalan tangan ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Nah, yang namanya organ tubuh tidak bisa lepas dari yang namanya penyakit, termasuk penyakit jantung yang tergolong mematikan. Penyakit jantung disebut juga penyakit jantung koroner yang disebabkan karena sumbatan pembuluh darah sehingga menghalangi darah yang menuju ke jantung. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja mulai dari bayi sampai orang tua. Di Amerika Serikat , sekitar 40% kematian disebabkan karena serangan jantung.

Kita harus mengetahui gejala-gejala penyakit jantung. Karena apabila tak kunjung ditangani bisa menyebabkan kematian. Beberapa artis di Indonesia mengalami kematian akibat serangan jantung, seperti Mike Mohede, Ade Namnung, Irena Justine, dan lain-lain. Serangan jantung bisa terjadi secara mendadak tanpa sebab yang jelas. Maka dari itu, kamu harus tahu gejala penyakit jantung. Apa sajakah itu?

gejala penyakit jantung

Gejala Penyakit Jantung

1. Nyeri di Dada

Jika kamu sering merasa nyeri di dada, kemungkinan itu gejala penyakit kantung. Karena letak jantung memang berada di dada sebelah kiri. Nyeri ini disebabkan karena penyumbatan pembuluh  jantung yang mengakibatkan jantung menjadi kekurangan oksigen.

2. Jantung Berdebar-debar

Jantung berdebar-debar dan tak teratur padahal kamu dalam keadaan santai. Tentu kamu harus waspada, bisa jadi gejala penyakit jantung. Hal ini disebabakan karena terjadi penebalan pada katup jantung sehingga katup menjadi sempit.

3. Cepat Lelah

Lelah setelah beraktivitas adalah hal yang wajar, tetapi jika kamu cepat merasa lelah padahal baru sebentar melakukan aktivitas. Sering orang menganggap karena kurang istirahat, tetapi jika terlalu sering bisa jadi gejala awal sakit jantung. Jangan anggap sepele, sebaiknya konsultasikan dengan dokter

READ  Penyebab dan 10 Cara Mengobati Ambeien dengan Bahan Alami

4. Mual

Perut terasa mual dan kurang nafsu makan karena terjadi pembengkakan pada perut. Hal ini juga perlu kamu ketahui, bisa merupakan gejala penyakit jantung.

5. Pusing dan Sakit Kepala

Pusing dan sakit kepala merupakan hal biasa, bisa terjadi karena kurang istirahat atau stres. Tetapi jika keseringan kamu harus waspada. Kemungkinan hal itu merupakan gejala penyakit jantung. Jantung biasanya berdenyut lebih lambat atau bahkan lebih cepat sehingga berefek pada pusing dan sakit kepala.

6. Sesak Nafas

Gejala penyakit jantung lainnya yaitu sesak napas. Hal ini terjadi karena jantung berkonstraksi sangat kuat, karena pembuluh jantung mengalami penebalan dan pasokan oksigen juga berkurang.

7. Sering Cemas

Merasa cemas adalah hal yang wajar, tetapi sebaiknya jangan terlalu sering. Cobalah rileks dari segala masalah. Rasa cemas yang terlalu berlebihan akan mempengaruhi jantung dan kemungkinan besar lainnya akan mengalami serangan jantung secara mendadak.

8. Keringat Dingin

Jika kamu sering mengeluarkan keringat dingin, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Kemungkinan besar gejala penyakit jantung atau penyakit lainnya. Sebenarnya mengeluarkan keringat dingin suatu hal wajar, bisa karena grogi, gugup, atau takut.

9. Pingsan Mendadak

Secara tiba-tiba tak sadarkan diri atau pingsan, hal ini terjadi sangat sering. Sebaiknya tanyakan pada dokter. Apakah ada gejala penyakit-penyakit tertentu? Karena pingsan mendadak bisa disebabkan karena lelah atau kurang darah.

10. Batuk Berdarah

Gejala penyakit jantung lainnya yaitu batuk berdarah. Hal ini menandakan bahwa darah terakumulasi dalam paru-paru.

Demikianlah beberapa gejala penyakit jantung yang harus kamu ketahui. Tetaplah jaga kesehatan dan perbaiki gaya hidup agar terhindar penyakit jantung.